Blog Berita

Powered by Blogger.

Thursday 4 August 2016

WOW Selain Menyenangkan Hati, Ternyata Tertawa Menyimpan Manfaat Yang Luar Biasa

Tertawa merupakan salah satu hal yang paling alami dan bermanfaat yang dapat Anda lakukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Apakah Anda mendengus, tertawa terkekeh-kekeh, berkotek, atau memiliki tawa sedikit aneh yang pernah jadi ciri khas Anda, tertawa itu obat terbaik dan obat pencegahan untuk hampir setiap penyakit.



Studi setuju dan mendorong kita semua untuk lebih banyak tertawa setiap harinya. Para peneliti mengatakan bahwa, orang-orang yang suka tertawa akan lebih sehat dan lebih bahagia. Berikut delapan alasan mengapa Anda harus sering tertawa, seperti yang dikutip dari metrotvnews.com

1. Mengurangi stres
Dalam sebuah penelitian terbaru di Indiana State University, para peneliti menemukan bahwa tertawa tidak hanya dapat mengurangi stres, tetapi juga meningkatkan kemungkinan untuk bertahan hidup dari kanker dan HIV. Tindakan sederhana terbahak-bahak dapat menenangkan ketegangan di seluruh tubuh dan juga menurunkan hormon stres tubuh.

2. Menurunkan perasaan cemas dan ketakutan
Sejak perasaan cemas dan ketakutan dapat merugikan kesehatan emosional Anda, orang-orang yang suka tertawa memiliki keuntungan besar dibandingkan mereka yang marah-marah dan tidak pernah tertawa sama sekali. Itu karena tertawa melepaskan hormon dopamin, serotonin dan endorfin.

3. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Tertawa menyirami paru-paru dengan udara segar dan membantu Anda bernapas lebih dalam. Orang-orang yang suka tertawa secara tidak sengaja meregangkan paru-paru mereka, meningkatkan denyut jantung dan menghidupkan kembali seluruh tubuh mereka ketika tertawa. Ini sama dengan percikan sejuk, segar, air meremajakan untuk sistem pernapasan.

4. Berisiko lebih rendah terserang penyakit jantung
Sebuah studi yang dilakukan di University of Maryland menemukan bahwa ada hubungan antara tawa dan kesehatan jantung. Tertawa menyebabkan jaringan yang membentuk lapisan pembuluh darah meluas, memungkinkan untuk aliran darah yang lebih baik. Dengan kata lain, orang-orang yang suka tertawa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Hal ini membantu melindungi jantung mereka dari penyakit.

5. Menjadi pereda nyeri alami
Orang yang tertawa bebas tidak perlu morfin dan pembunuh rasa sakit lainnya cukup banyak. Itu karena hormon tidak baik yang dilepaskan ke sistem ketika Anda tertawa tidak hanya membantu meringankan rasa takut dan marah, tetapi juga membantu untuk mengurangi rasa sakit. Tidak heran semakin banyak orang yang beralih ke yoga tertawa untuk meredakan pikiran bermasalah dan tubuh.

6. Mengurangi kecenderungan agresif
Orang-orang yang suka tertawa cenderung kurang signifikan kekerasan dan agresif dalam masyarakat. Itu karena tawa menawarkan outlet yang sehat untuk terpendam emosi negatif dari kemarahan dan agresif. Sebuah tawa yang sederhana misalnya, dapat membantu meredakan konflik. Bahkan lebih baik, tertawa memiliki efek relaksasi pada seluruh tubuh yang berlangsung hingga 45 menit. Ini memberikan manfaat psikologis penting bagi orang periang.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat kesehatan lain yang orang-orang yang suka tertawa menikmati sebagai akibat dari hormon stres menurun ditingkatkan asupan oksigen dan sirkulasi. Tertawa juga tempat yang sehat untuk emosi negatif. Semua hal ini datang bersama-sama dan meningkatkan respon kekebalan, memastikan orang yang tertawa tetap sehat. Jumlah T-sel dalam tubuh juga meningkat ketika Anda tertawa, memberikan sistem kekebalan tubuh Anda meningkat.

8. Terlihat lebih muda
Orang-orang yang suka tertawa membuat mereka terlihat muda dan cantik. Itu benar, tertawa benar-benar dapat membuat Anda lebih menarik bagi orang lain. Menurut penelitian, pria lebih memilih wanita yang menertawakan kecerdasan mereka, sementara wanita cenderung memilih pria yang bisa membuat mereka tertawa. Senyum berseri-seri merupakan aksesori yang paling baik untuk wajah Anda.

 
Atas